Saturday , 16 December 2017

Apa Itu CDN CloudFlare?

 

cdn cloudflare

Sebagian dari teman-teman pasti sudah tahu apa itu CDN CloudFlare, Fungsinya dan juga manfaatnya. Tapi saya juga percaya bahwa masih ada di sebagian teman-teman masih bingung mengenai CloudFlare ini. Baik, langsung saja tanpa berlama-lama:

Apa Itu CDN CloudFlare?

CloudFlare adalah sebuah layanan jaringan pengirim konten yang bertindak sebagai proxy antara website dan pengunjung. Melayani cache konten statis dari lokasi terdekat, yang kemudian memberikan dampak pada kecepatan sebuah website.

CloudFlare sendiri memiliki banyak server di beberapa negara. dengan demikian layanan ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan pengoptimalan dalam kecepatan website.

Gambaran sederhananya, CloudFlare akan menghubungkan antara website dan pengunjung website. Selain itu CloudFlare akan memberikan penanganan keamanan kepada website terhadap pengunjung yang meiliki tujuan untuk menyerang website kita. Karena pengunjung sendiri dibagi menjadi 3 bagian:

  • Visitor, Disini hanyalah pengunjung biasa yang memang meiliki tujuan untuk membaca konten kita. Dia juga merupakan manusia biasa. hehe
  • Perayap dan robot, ini merupakan pengunjung berupa bot atau program sedemikian rupa yang memiliki tujuan untuk memindai setiap halaman website kita. sehingga dapat mengakibatkan website kita menjadi lambat karena akan memakan banyak bandwidth.
  • Attackers, Dia bertujuan menyerang website kita.

Nah, dengan CloudFlare ini kita akan sedikit dibuat bernafas lega karena akan melindungi dari penyerangan terhadap website kita.

selain itu, CloudFlare juga dapat melayani request ke website dengan beberapa keunggulan layanan dibandingkan dengan CDN tradisional lainnya, seperti:

  • Mengatasi serangan DDoS
  • Analisa terhadap semua yang melakukan request ke website
  • Instalasi SSL lebih mudah
  • Network Gateway antara protocol

Fungsi CloudFlare

Ketika teman-teman mengaktifkan CloudFlare ke Website, secara otomatis nameserver akan disambungkan ke CloudFlare. Hal ini memungkinkan seluruh aktifitas akan melalui CloudFlare sehingga akan disaring terlebih dahulu oleh CloudFlare yang berakibat website berjalan lebih cepat.

Berikut adalah keuntungan menggunakan CloudFlare:

  1. Mengarahkan visitor pada koneksi paling cepat. CloudFlare akan mengarahkan visitor pada data center atau server paling dekat. sehingga akan memberikan dampak loading lebih cepat dibandingkan dengan ketika tidak menggunakan CloudFlare
  2. Mengawasi lalu lintas website. CloudFlare akan menerima permintaan akses ke website dan menganalisanya terlebih dahulu apakah pengunjung akan melakukan tindakan bahaya terhadap website atau tidak. Hal ini akan terlihat dari IP, resource yang dibutuhkan dan seberapa sering request ini terjadi. jika dideteksi sebuah ancaman, CloudFlare akan mem block.
  3. Sebagai cache konten statis. CloudFlare akan berfungsi menjadi cache konten untuk website. misalnya, gambar, CSS, Javascript.

Alasan Mengapa Perlu Mengaktifkan CloudFlare

  1. Meningkatkan kinerja website. CloudFlare memiliki banyak server yang terdapat di banyak negara. sehingga memungkinkan untuk mengarahkan pengunjung ke server terdekat. Hal inilah yang menjadi faktor utama kenapa website lebih cepat diakses
  2. Optimasi website pada perangkat mobile. Teknologi Rocket Loader dan AutoMinify menjadikan website lebih memungkinkan untuk diakses lebih cepat dari berbagai perangkat.
  3. Perlindungan dari bot dan ancaman. CloudFlare menggunakan data dari pengguna pihak ketiga untuk menganalisa pakah kunjungan yang dilakukan berbentuk serangan atau tidak. Dan akan menghentikannya jika terdapat ancaman terhadap website.
  4. Melindungi website dari kontar spam. CloudFlare menggunakan data penggunak pihak ketiga untuk melakukan penyaringan terhadap komentar pada website anda.
  5. Memberikan peringatan terhadap pengunjung jika komputer terinfeksi virus. CloudFlare akan memberikan peringatan terhadap pengunjung jika komputer pengunjung terinfeksi virus. Dan akan diminta untuk membersihkan dahulu. Sebagai antisipasi, biasanya sebelum melanjutkan akan diminta untuk verifikasi captca terlebih dahulu.
  6. Mengurangi penggunaan resource pada server. Request pada server akan akan berkurang dan ini akan membantu server jika terdapat lonjakan pengunjung.
  7. Laporan visitor. CloudFlare akan menampilkan visitor apakah itu robot search engine, ancaman atau visitor biasa berupa manusia.

Demikian, sedikit penjelasan tentang ClouFlare, Semoga bermanfaat.

Oh iya, jika ada tambahan atau pertanyaan dari teman-teman, silahkan disampaikan di kolom komentar.

Terimakasih,
Wassalamualaikum…

Periksa Juga

Bisnis Online

Hari Ini Kamu Masih offline?

“Kamu tidak bisa berbisnis dengan cara yang lama dan berharap hasil yang melesat hari ini” …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *