Saturday , 16 December 2017

Cara Install IonCube Loader di Ubuntu 16.04

ioncube loader

Sebagai permulaan saya ingin sedikit menjelaskan apa itu IonCube Loader ini? Ioncube Loader merupakan PHP Loader yang memiliki fungsi enkripsi atau pengaman data (source code) PHP agar tidak bisa dengan mudah dibaca oleh orang lain sehingga melindungi dari upaya modifikasi atau Reverse Engineering.

Sebagai informasi saja bahwa sebelumnya saya telah menulis topik yang hampir sama dengan ini (Mengaktifkan IonCube Loader PHP di Ubuntu 14.04). Intinya sama sih, cuman mungkin rasanya saja yang agak beda. Selain versi ubuntu LTS terbaru sudah di versi 16.04, saya juga ingin menulis dengan tampilan yang agak beda kali ini. Bismillah… semoga bisa bermanfaat dan memudahkan teman-teman pembaca yang membutuhkan.

Persiapan

Untuk mengaktifkan modul ini, teman-teman membutuhkan persiapan berikut:

  • Root access. Pastikan teman-teman memiliki root akses untuk bisa memasang, memodifikasi file yang perlu nanti.
  • Web Server dan PHP yang sudah terpasang. Pastikan juga bahwa di server teman-teman telah terinstall atau terpasang web server (Apache ataupun Nginx) dan PHP.

Langkah ke-1: Download IonCube Loader Sesuai dengan Versi PHP yang Terpasang

Pertama, Saya rasa hal yang penting dan perlu diingatkan bahwa saat ini terdapat 2 versi dari Sistem Operasi, yaitu 32 bit dan 64 bit. Pastikan memilih paket IonCube Loader yang sesuai dengan versi sistem operasi teman-teman.

Kedua, Pastikan juga untuk menyelaraskan versi PHP nya dan versi IonCube Loadernya. Hal yang ini mungkin lebih mudah dipahami ya… hehe

Untuk mengetahui lebih mudah versi sistem operasi maupun versi PHP, kita akan memanfaatkan script PHP yang super sederhana dan powerfull (sebut saja info.php). Buat file info.php dan letakkan di /var/www/html

$ sudo nano /var/www/html/info.php

Kemudian isi dengan 2 baris scrip seperti ini:

<?php
phpinfo();

Simpan. Dan buka melalui browser, bisa menggunakan Mozilla firefox ataupun Google Chrome. Bebaslah pokoknya hehe. Akses ke http://ip_address_kamu/info.php. Dan teman-teman akan ditampilkan tampilan seperti ini:

install ioncube loader

Dari gambar diatas diketahui versi dari PHP (posisi paling atas) dan versi dari sistem operasinya (posisi baris system). Untuk versi PHP yang digunakan dalam contoh kali ini adalah 7.0.8. Sementara versi dari sistem operasinya adalah x86_64 alias 64 bit.

Langkah ke-2: Memasang IonCube Loader

Buka halaman website IonCube Loader download untuk mengunduh paket IonCube Loader. Dan sebagai contoh saya akan mengunduh versi 64 bit sesuai kebutuhan saya.

$ wget http://downloads3.ioncube.com/loader_downloads/ioncube_loaders_lin_x86-64.tar.gz

Kemudian extract file tersebut

$ tar xvfz ioncube_loaders_lin_x86-64.tar.gz

Akan ter-extarct dan menghasilkan satu folder ioncube dengan didalam folder tersebut terdapat paket ioncube semua versi. Karena versi PHP saya adalah 7.0 maka saya akan mengambil ioncube_loader_lin_7.0.so yang terdapat di dalam folder. Kemudian salin atau copy file tersebut ke folder extensions PHP.

Untuk mengetahui lokasi folder extensions PHP, kita kembali lihat di info.php melalui browser dan akes ke http://your_server_ip/info.php dan akan mendapatkan tampilan seperti gambar di awal. Cari di baris extension_dir seperti gambar dibaah ini:

install ioncube loader

Dari sini kita mengetahui bahwa lokasi folder extension PHP nya terletak di /usr/lib/php/20151012. Kemudian copy file ioncube_loader_lin_7.0.so ke folder tersebut.

$ sudo cp ioncube/ioncube_loader_lin_7.0.so /usr/lib/php/20151012/

Agar PHP bisa memproses extension ini, kita perlu melakukan tambahan konfigurasi. kita bisa melakukannya di file konfigurasi php.ini. Tetapi saya akan mencoba untuk melakukan cara yang lain supaya terhindar dari konflik konfigurasi.

Yaitu kembali melihat file info.php melalui browser yang diakses ke http://your_server_ip/info.php. Dan cari di baris Scan this dir for additional .ini files.

install ioncube loader

oke. Selanjutnya adalah membuat folder bernama 00-ioncube.ini dan letakkan di dalam folder extension PHP yang barusan kita dapat yaitu  /etc/php/7.0/apache2/conf.d. 

sebagai informasi bahwa nama folder didahului “00” supaya folder ini diproses terlebih dahulu sebelum memproses folder-folder konfigurasi lainnya. (kalau tidak paham maksudnya, abaikan saja ya… hehe)

$ sudo nano /etc/php/7.0/apache2/conf.d/00-ioncube.ini

Kemudian isikan command seperti di bawah ini:

zend_extension = "/usr/lib/php/20151012/ioncube_loader_lin_7.0.so"

Kemudian restart web browser. Jika menggunakan Apache2. berikan perintah:

$ sudo systemctl restart apache2.service

Jika menggunakan Nginx, berikan perintah:

$ sudo systemctl restart nginx

Jika teman-teman menggunakan php-fpm, maka diperlukan untuk restart. Berikan perintah;

$ sudo sudo systemctl restart php7.0-fpm.service

Proses pemasangan atau instalasi selesai. Selanjutnya, verifikasi apakah sudah terpasang dengan benar atau ada kesalahan ketika instalasi

Langkah ke-3: Verifikasi Hasil Instalasi

Kembali memanfaatkan file info.php untuk cek apakah IonCube telah terpasang dengan baik, ataukah masih belum terpasang.

Buka browser dan akses ke http://your_server_ip/info.php. Lalu cari dengan kata kunci “ioncube“. Jika sudah terpasng dengan baik, akan ada informasi seperti di bawah ini:

install ioncube loader

Jika sudah ada info seperti di atas, selamat proses instalasi ioncube teman-teman telah berhasil dan IonCube Loader di Ubuntu 16.04 telah aktif.

Catatan penting:
Untuk menghindari penyebaran informasi mengenai server kita oleh para attackers, hapus file info.php yang tadi kita buat.

$ sudo rm /var/www/html/info.php

Hapus juga file asli ioncube hasil unduhan untuk mengurahi beban space pada disk server kita

$ sudo rm ioncube_loaders_lin_x86-64.tar.gz
$ sudo rm -rf ioncube_loaders_lin_x86-64

Akhirnya, selesai juga. Semoga artikel ini membantu teman-teman yang membutuhkan. Dan semoga bermanfaat.

Salam dari saudaramu,
Imam Bagus Mawardi

Wassalamualaikum…

Periksa Juga

Bisnis Online

Hari Ini Kamu Masih offline?

“Kamu tidak bisa berbisnis dengan cara yang lama dan berharap hasil yang melesat hari ini” …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *