Saturday , 16 December 2017

Cara Setting Cloudflare di WordPress dengan Mudah

CloudFlare WordPress

Kecepatan akses website adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik website, terlebih kecepatan loading menetukan rangking di search engine. Ada beberapa cara untuk mempercepat loading website. Diantaranya adalah memasang plugin cache, menekan ukuran gambar dan menggubnakan Content Delivery Network (CDN). Dari beberapa cara tersebut, CDN Cloudflare adalah yang paling efektif. Dan berikut saya akan berikan tutorial singkat mengenai cara memasang CDN cloudflare pada website wordpress anda:

Apa saja yang dibutuhkan?

Adalah Domain manager. Disini nanti digunakan untuk mengubah Name Servers pada domain anda.

Ada dua pilihan cara untuk pemasangan ini. Pertama, melalui CPanel pada control panel website anda yang disediakan oleh pengelola hosting. Bila anda menggunakan hosting yang memiliki fitur Cloudflare ini, sebaiknya anda melakukan konfigurasi di CPanel.

Kedua, Melalui cara yang umum digunakan. Artinya ini adalah cara ketika hosting kamu tidak memiliki fitur Cloudflare pada pengelola hosting (CPanel). Atau jika website kamu berada dalam VPS (Virtual Private Server).

Dan kali ini saya hanya akan membahas secara umum saja (pilihan kedua). Untuk konfigurasi melalui CPanel, insya Allah lain waktu saya akan bahas.

Cara Setting Cloudflare di WordPress

Langkah ke-1: Membuat Akun CloudFlare

Silahkan buka situs Cloudflare dan pilih Sign Up untuk melakukan registrasi jika belum memiliki akunnya.

Daftar cloudflare

Jika kamu sudah memiliki akun cloudflare, skip langkah tersebut dan langsung masuk saja.

Langkah ke-2: Menambahkan Nama Domain ke CloudFlare

Setelah melakukan pendaftaran di CloudFlare, kamu akan diminta memasukkan nama website kamu, Langsung masukkan saja nama website kamu kemudian scan untuk melanjutkan.

Cara setting cloudflare

di proses ini, akan membutuhkan beberapa saat sampai proses scan selesai.

Langkah ke-3: Mengecek DNS Record Domain Anda di CloudFlare

Setelah proses scan selesai, kamu akan melihat hasil scan dari DNS Domain kamu. Di step ini kamu bisa mengaktifkan atau menon aktifkan website kamu. Cloudflare yang aktif memiliki logo awan berwarna emas, sedangkan yang tidak aktif berwarna silver

Cara setting Cloudflare

Disarankan untuk mengaktifkan domain utama dan www seperti yang saya contohkan diatas. Ini akan membuat CloudFlare akan berjalan dengan baik pada domain kamu menggunakan www ataupun tidak menggunakan www.

**Catatan penting: Disarankan agar tidak mengaktifkan CloudFlare untuk email, ftp, cpanel atau fitur lainnya. Karena dapat menimbulkan masalah pada DNS kamu.

Langkah ke-4: Menghubungkan Nama Domain ke NameServer CloudFlare

Pada langkah ini, akan dihadapkan pada pilihan mengenai CloudFlare Plan. Silahkan pilih yang versi gratis saja dan pilih continue untuk melanjutkan

cara setting cloudflare

Sekarang kamu akan mendapatkan nameserver dari CloudFlare. Ganti nameserver lama kamu ke nameserver yang baru seperti yang diberikan cloudflare kepada kamu.

Cara setting cloudflare

Sekarang, masuk ke domain manager kamu untuk mengganti nameserver lama kamu

Cara setting cloudflare

Catatan: Setelah proses ini dilakukan, akan dibutuhkan waktu propagansi maksimal 72 Jam. Dan ketika perubahan nameserver berhasil, anda akan menerima email dari cloudflare sebagai konfirmasi bahwa nameserver telah diubah. Di akun cloudflare ini juga kamu bisa melihat informasi mengenai status website kamu, apakah masih pendih atau sudah aktif. Dan, kabar baiknya, selama proses propagansi, website kamu tidak akan mengalami downtime. seru kan?

cara setting cloudflare

Langkah ke-5 (optional): Setting CloudFlare dengan Memasang dan Konfigurasi Plugin CloudFlare di WordPress Kamu

Untuk bisa membantu mempermudah konfigurasi, kamu bisa memasang Plugin CloudFlare untuk pengaturan di dashboard kamu seperti:

  • Optimasi WordPress
  • Aturan web Application Firewall
  • Membersihkan cache otomatis
  • Statistik
  • Mengubah settingan cloudflare tanpa harus masuk ke akun cloudflare

Masuk ke dashboard wordpress kamu dan arahkan ke halaman plugin. kemudian pasang plugin CloudFlare danaktifkan plugin.. selanjutnya pilih setting plugin CloudFlare untuk mulai konfigurasi.

Cara setting cloudflare

Kamu akan diminta email dan API Key. Silahkan klik tombol View API Key untuk memasukkan email dan API Key. Kemudian, untuk mendapatkan API Key, klik tombol Get your API Key from here, lalu akan muncul popup untuk masuk ke akun cloudflare. Silahkan masuk dan kamu akan mendapatkan API Key yang dimaksud.

Cara setting cloudflare

Cara setting cloudflare

Setelah mendapatkan API Key, silahkan isikan ke form yang tersedia, kemudian klik Save API Credential 

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Cloudflare dan klik tombol Apply paling tas untuk mendapatkan optimasi CloudFlare.

Cara setting cloudflare

Saya juga menyarankan untuk mengaktifkan Automatic Cache Management untuk menghapus cache pada cloudflare ketika ada perubahan desain pada website kamu.

Cara setting cloudflare

Kesimpulan

CloudFlare adalah cara terbaik untuk mempercepat website kamu dan melakukan proteksi ketika ada seranga DDos terhadap website kamu. Dan sebenarnya untuk melakukan konfigurasi ini pun tidak terlalu sulit, bukan? kamu hanya perlu sedikit pengamatan untuk hasil terbaik pada website kamu.

Jika ada dari teman-teman yang memiliki pengalaman khususnya dalam hal ini, atau teman-teman yang ingin bertanya,  bisa menuliskan   di kolom komentar.

Terimakasih, dan salam dari saya….
Wassalamualaikum….

Periksa Juga

Bisnis Online

Hari Ini Kamu Masih offline?

“Kamu tidak bisa berbisnis dengan cara yang lama dan berharap hasil yang melesat hari ini” …

2 comments

  1. terimakasih infonya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *