Saturday , 16 December 2017

Era ‘Satu Generasi’ Bulu Tangkis Hebat Akan Selesai

lee chong wei
Sulit melihat Lee Chong Wei bakal terlihat di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.


ibagusm.web.id
— Olimpiade Rio de Janeiro 2016 jadi salah satu puncak pertarungan sebuah generasi di dunia bulutangkis. Setelah ini, ada banyak nama hebat yang tak akan terlihat lagi di Olimpiade Tokyo 2020 ataupun di tahun-tahun mendatang.

Pada nomor tunggal putra, nama Lin Dan dan Lee Chong Wei jelas merupakan nama yang mendominasi dunia bulutangkis dalam satu dasawarsa terakhir.

Sepeninggal Taufik Hidayat dan Peter Gade pensiun beberapa tahun lalu, Lin Dan dan Chong Wei ternyata tetap mampu bersaing dengan nama-nama yang lebih muda.

Di Olimpiade 2016, baik Lin Dan maupun Chong Wei gagal meraih emas, namun hal itu tetap tak menyurutkan pesona dan rasa respek terhadap mereka.

Lin Dan dan Chong Wei sudah tampil di empat Olimpiade dan telah berusia lebih dari 30 tahun. Sulit melihat kemungkinan bahwa Lin Dan dan Chong Wei masih berminat menanti Olimpiade Tokyo meskipun belum benar-benar ada pernyataan resmi dari mereka.

Di nomor ganda putra, bintang Korea, Lee Yong Dae telah menyatakan akan pensiun dari tim nasional dan itu berarti ia tak akan tampil di turnamen level internasional. Lee Yong Dae sendiri merupakan salah satu pebulutangkis yang memiliki banyak penggemar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Pada nomor ganda putri dan campuran, super star dari China, Yu Yang dan Zhao Yunlei juga telah memberi isyarat pensiun. Yu Yang dan Zhao Yunlei adalah motor China di nomor ganda putri dan campuran dalam beberapa tahun terakhir. Keberadaan mereka tak tergoyahkan meskipun sejumlah nama baru terus menghiasi tim nasional China.

Indonesia pun tak luput dari harap-harap cemas saat ini. Dua nama besar yang selalu jadi tulang punggung dalam 10 tahun terakhir, Hendra Setiawan dan Liliyana Natsir dinanti keputusan tentang masa depannya di dunia bulutangkis. Tahun ini, Hendra berusia 32 tahun sedangkan Liliyana setahun lebih muda.

Sulit membayangkan melihat Indonesia akan tampil tanpa Hendra dan Liliyana dalam turnamen-turnamen seri BWF dalam beberapa tahun mendatang. Namun tentunya akan lebih sulit melihat kemungkinan Hendra dan Liliyana bisa terus bermain di level atas hingga Olimpiade 2020 mendatang.

Nama-nama seperti Lin Dan, Lee Chong Wei, Lee Yong Dae, Hendra Setiawan, hingga Liliyana Natsir tentunya memiliki pengaruh besar terhadap popularitas bulutangkis di dunia saat ini.

Bila mereka pergi dari bulutangkis, bakal ada kekosongan besar di olahraga tersebut dan butuh waktu beberapa saat untuk bisa menemukan sosok yang memiliki karisma dan pesona sebesar mereka.

 

Dikutip dari CNN Indonesia

Periksa Juga

Lin dan Lee chong wei

Sepucuk Surat Untuk Rival Terberatnya Juga Teman Terbaiknya

Laga semifinal Olimpiade Rio 2016 di cabang badminton tunggal putra antara Lee Chong Wei (Malaysia) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *