Saturday , 16 December 2017

Hari Ini Kamu Masih offline?

bisnis online

“Kamu tidak bisa berbisnis dengan cara yang lama dan berharap hasil yang melesat hari ini”

Sudah sewajarnya ketika kita memiliki bisnis yang berhasil, akan ada pesaing yang membuka bisnis sejenis di sekitar kita, bahkan lebih canggih. Maka satu-satunya jalan adalah kita harus bertumbuh. Jika tidak, berlahan akan rapuh yang berujung lumpuh.

Tidak perlu mengeluh dan merasa pasar kita direbut. Tidak perlu juga marah-marah hanya karena mereka berbisnis di bidang yang sama dengan kita dan memberikan harga yang lebih miring (baca: Banting Harga). Karena protes seperti itu tidak kemudian merubah keadaan dan kondisi. Jadi, ya sekali lagi, harus tumbuh.

Sebagai contoh, perbedaan anak-anak muda jaman sekarang dan anak-anak muda jaman dahulu. Apa itu? Anak muda jaman sekarang lebih cepat ‘melesat’ karena daya ungkit teknologi dan internet. Jadi jangan heran ketika berjumpa dengan anak remaja 20 tahunan memiliki omzet milyaran rupiah per bulan. Karena cara kerja mereka tidak linier dan tidak mengenal ruang dan waktu.

Jadi kalau kita masih bekerja secara linier, Maka perlu dilakukan update sistem operasi dan aplikasi (baca: pola pikir) yang kemudian kita akan melesat, Insya Allah.

Fenomena Grab, Gojek, Uber dan aplikasi ‘sharing economy’ lainnya, telah terbukti mengguncang suatu konglomerasi dan mengalirkan pundi-pundi kekayaan ke rakyat jelata. Bagus sekali kan? apapun alasannya yang membuat keramaian di akhir-akhir ini, perkembangan teknologi dan perang bisnis model tidak bisa dibendung lagi. jadi, mau melawan dengan protes atau dengan kreasi?

Pertanyaan lanjutan saya kepada teman-teman yang berjualan, baik offline maupun online. “Sudahkah mempunyai database konsumen?” Karena harapan kita bukan cuman laris hari ini, tetapi sebisa mungkin laris terus menerus. Amiin

Database (db) yang diolah dengan tools canggih akan menghasilkan otomatisasi mesin yang akurat dan presisi. Akibatnya tidak diperlukan lagi kerja secara linier dan meraba-raba perilaku konsumen kita.

Hari ini kita masih terbiasa dengar pertanyaan “bisnismu online atau offline?” Tapi percayalah sama saya, tidak lama lagi orang akan menertawakan pertanyaan seperti itu. Kenapa? Karena saat itu ‘Online’ dan ‘Offline’ telah menjadi ‘satu paket’ model bisnis. Dan itu sudah terjadi hari ini di negara-negara luar. Indonesia? Segera!

Sayangnya, teknologi tidak akan menghampiri kita. Tapi kita yang harus menghampiri teknologi. Update, Install dan belajar cara menggunakannya. Enggan? Siap-siap punah!

Periksa Juga

Install ioncube loader

Cara Install IonCube Loader di Ubuntu 16.04

Sebagai permulaan saya ingin sedikit menjelaskan apa itu IonCube Loader ini? Ioncube Loader merupakan PHP Loader …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *