Monday , 21 October 2019
Cara Menulis Artikel Google Friendly 728x90

Kakak yang Orasi, Kami yang Eksekusi

stm orasi

Beberapa hari ini sedang ramai mengenai aksi turun jalan yang dilakukan oleh mahasiswa dari berbagai kota sebagai bentuk kecaman kepada pemerintah mengenai revisi UU KPK dan RUU-KUHP yang dinilai sangat kontroversial.

Menariknya, aksi mahasiswa turun ke jalan kali ini tidak sendirian. adik-adik pelajar SMA dan SMK dari berbagai kota turut membersamai kakak-kakaknya. Tujuannya sama, Tolak revisi UU KPK dan RUU-KUHP yang kontroversial itu, titik!

Namun kali ini saya tidak akan masuk ke substansi mengenai aksi ini. Tetapi saya ingin sedikit mengomentari mengenai kalimat yang keluar atau terucap dari adik-adik SMK/STM ketika aksi. Yang bagi saya, kalimat tersebut sangat lugas dan tanpa beban.

Entah dari mana asal muasal kalimat itu. Apakah murni dari spontanitas adik-adik ini. Atau inspirasi dar mana, saya juga tidak tahu. Tetapi sekali lagi, kalimat ini sangat cerdas, penuh makna dan memiliki daya dobrak.

Betapa tidak, kalau dicermati lebih detil, kalimat ini memiliki beberapa punch, diantaranya:

  1. ‘Kakak’ yang dimaksud adalah teman-teman mahasiswa. Mahasiswa sebagai kakak yang sudah berilmu silahkan orasi dan adu argumentasi. Sementara ‘kami’ yang dimaksud adalah teman-teman SMK/STM. Mereka memang dididik dalam penguasaan teknis selaku pelaksana atau eksekutor, memiliki ikatan emosi yang kuat, mengikat rasa persatuan dan kompak.
  2. Kalimat diatas bernada statemen yang sangat kuat dan percaya diri. Sehingga membuat bapak-bapak petugas keamanan non exist, hilang tanpa bekas.
  3. Kalimat diatas mengandung teknik hypnowriting. Ada pengulangan kata ‘kakak’ dan ‘kami’ yang mampu menembus romantisme memori. Keduanya saling mendukung untuk menguasai alam bawah sadar siapapun yang mendengarnya. Akan memupuk keberanian bagi kawan, dan akan menggerus keyakinan bagi sang lawan.

Kalimat yang berkelas! Saya sangat bangga padamu, broo… Selamat berjuang.

Dapet Duit Dari Twitter 728x90

Periksa Juga

Motivasi

Today’s Wise Words (1)

YANG BERSYUKUR, PASTI MAKMUR Santunkan prilaku, teladankan tingkah laku Amalkan ilmu, teladankan tingkah laku Memaafkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.