Sunday , 16 December 2018
Cara Menulis Artikel Google Friendly 728x90

Kisah AR Fachruddin Menjadi Imam Tarawih 23 Rakaat

AR Fakhruddin

Siapa yang tak kenal AR Fakhruddin? Sosok yang pernah memimpin Organisasi tertinggi Muhammadiyah sejak 1968 s.d 1990. Beliau dikenal sebagai pemimpin yang mampu menyampaikan prinsip dengan tegas, anggun dan tidak menyinggung sesamanya. Termasuk dalam hal jumlah rakaat tarawih pun dengan teguh memegang hadits ‘Aisyah yang menyebutkan angka 11.

Jadi, ketika itu beliau diundang untuk memberikan ceramah Ramadhan di salah satu masjid besar di Surabaya. Setelah memberikan kuliah tarawih ba’da isyak, beliau kemudian didaulat untuk memimpin sholat jamaah tarawih. Berusaha menolak, tapi beliau terus didesak sehingga tak kuasa unuk menolaknya.

sebelum sholat dimulai, beliaupun bertanya kepada jamaahnya, “Bapak ibu sekalian, biasanya shalat tarawih disini dilaksanakan 11 atau 23 rakaat?”

“Dua puluh tigaaaaa”, teriak jamaah dengan kompak.

“Baik”, ujar pak AR. “Semoga saya juga mampu menjalankan sebagaimana yang telah menjadi kebiasaan.”

Biasanya, shalat tarawih di masjid ini selesai kira-kira pukul 20.00, meski rakaat yang diselesaikan terbilang banyak, 20 rakaat. Dan ketika pak AR menjadi imam di masjid ini, bacaan yang dibacanya pun panjang-panjang dan shalatnya sangat thuma’ninah. Sehingga jam 20.30 baru menyelesaikan 8 rakaat.

Maka pak AR saat itu menghadap ke jamaahnya dan kembali bertanaya, “Bapak ibu sekalian, mengingat waktu, kita lanjutkan sampai 20 rakaat ataukah kita witir saja?”

Para hadirin pun dengan kompak mengatakan “WITIIIIIRRRRR” 😀 😀 😀

Hehehe. Terlihat lucu ya… 🙂 Tapi memang itulah adanya. Beliau dengan santun menyampaikan, dan yang tak kalah penting, beliau menyampikan tanpa menyinggung sesamanya.

Pelajaran yang bisa kita petik? Tentu, kita perlu belajar dari sesepuh-sesepuh ulama kita dahulu. Mungkin dari ketegasannya, kelembutannya ataupun kesantunannya. Wallahu a’lam bisshowab…

Semoga bermanfaat.

— Dikutip dari sangpencerah.com —

Dapet Duit Dari Twitter 728x90

Periksa Juga

obat hati galau

Galau itu Anugerah

Sebagian besar teman-teman pasti sedang bertanya? “kok bisa? padahal galau kan sikap dari seseorang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *