Thursday , 16 August 2018
Cara Menulis Artikel Google Friendly 728x90

Membangun Website Sendiri Menggunakan WordPress

wordpress

Saat ini membangun website sendiri bukanlah hal yang istimewa sekali. Banyak kalangan yang melakukan hal ini karena di zaman informasi ini tidak bisa dipungkiri harus terjadi. Kecepatan informasi harus dilakukan oleh sebagian pihak untuk edukasi maupun bisnis strategi. Maka itu membangun website adalah salah satu solusi.

Semakin kesini membangun website sindiri semakin mudah dilakoni. Banyak CMS yang tersedia hanya cukup sekali instalasi. Instan, itulah kata yang tepat untuk kali ini. Karena kita tak perlu repot-repot memodifikasi.

Salah satu CMS yang tersedia dan mungkin paling populer di kalangan kita adalah WordPress. Ya, WordPress!! CMS yang satu ini bisa dikatakan paling populer saat ini. Banyak website yang telah beredar menggunakan CMS WordPress ini. Selain mudah dipasang, CMS ini juga sangat mudah dalam pengoperasian. Banyak kalangna pemula yang merasakan kemudahannya. Karena itu WordPress selalu hampir menjadi pilihan utama sebagai engine dari website mereka.

Oke, langsung saja ya.. Ada 2 cara memanfaatkan WordPress sebagai website kita. Pertama, kita gunakan hosting WordPress. Kedua, kita gunakan atau pasang di hosting kita sendiri. Bingung apa maksudnya? kita bahas satu-satu yuuk….

Mendaftar Di WordPress.com

Salah satu keuntungan yang didapat ketika kita langsung daftar di sini adalah GRATIS. Dalam artian kita sudah tidak perlu lagi menyiapkan hosting dan domainnya. Hanya saja domain yang kita dapat secara cuma-cuma ini adalah subdomain dari wordpress sendiri. Misalnya, kita mendaftar ibagusm sebagai akun kita. Maka akan terbentuk subdomain ibagusm.wordpress.com. Kalaupun kita ingin upgrade domain menjadi ibagusm.com, maka ada biaya tambahan yang harus kita keluarka. Oke, kita lanjut cara mendaftar di wordpress.com

1. Buka URL https://id.wordpress.com/

2. Isi domain yang ingin anda gunakan, misal ibagusm.wordpress.com
Langkah mendaftar wordpress 1

3. Akan tampil jendela baru yang mengharuskan anda untuk mengisi form sesuai keninginan anda.

  • Email Address: Isi dengan alamat email anda
  • Nama pengguna: adalah akun yang digunakan untuk masuk ke halaman admin blog atau website anda
  • Kata sandi: Password untuk masuk ke halaman admin anda
  • Alamat Blog: adalah alamat atau URL anda.
  • Jika sudah diisi semua, klik tombol “Buat Blog” yang tersedia di halaman paling bawah

Langkah mendaftar wordpress 2

 

4. Dan anda akan dibawa ke pengaturan mengenai Judul blog anda

  • Judul blog: adalah judul blog anda.
  • Slogan: Tagline dari website anda (boleh juga dikosongi)
  • Bahasa: adalah bahasa yang digunakan pada halaman admin anda
    Langkah mendaftar wordpress 3

5. Kemudian akan disuguhkan pilihan tema yang akan anda gunakan.
Langkah daftar wordpress 4

6. Kemudian akan tampil halaman untuk menyambungkan ke facebook dan twitter anda. Bisa anda lewati dan atur kemudian hari.

7. Selesai. Anda sekarang bisa menikmati layanan wordpress. Tapi jangan lupa untuk verivikasi email terlebih dahulu. Buka email anda yang tadi anda daftarkan. Dan kemudian klik tombol “Konfirmasi Alamat Email”
langkah daftar wordpress

 

Dan berikut ini adalah tampilan admin wordpress anda
angkah daftar wordpress

 

Memasang CMS WordPress di Hosting Sendiri

Nah, untuk step kali ini anda tidak bisa berleha-leha seperti step yang pertama tadi. kenapa? Karena anda harus menyiapkan hosting beserta domainnya sendiri. caranya gemana? ya beli. Sewa hosting sana. bisa yang shared hosting ataupun VPS. untuk penjelasan apa itu shared hosting dan VPS, lain waktu insya Allah akan saya bahas. Tapi yang jelas beli dulu sana!! Satu-satunya agar anda tidak beli hosting adalah “numpang” hosting di kantor anda. Itu pun kalau ada. heheh 🙂

Tapi kali ini, saya harap anda untuk bersabar dulu. Karena saya akan bagi resep ini di lain waktu (bisa besok, bisa lusa). Karena untuk implementasi ini kita harus siapin server dulu, siapin konfigurasi server dulu dst (ini khusus untuk penyewa VPS saja). Kalo untuk shared hosting mungkin lebih mudah ya. karena stepnya hanya upload file web nya, tanpa harus utek-utek servernya. Sekian dulu ya. mohon maaf lho sebelumnya. Tapi insya allah akan saya share kok. Jadi tunggu tanggal mainnya aja….

Semoga bermanfaat…

Dapet Duit Dari Twitter 728x90

Periksa Juga

htaccess dan fungsinya

Mengenal .htaccess dan Fungsinya (2)

Error Documents Perintah pertama yang cukup bermanfaat adalah mengalihkan halaman ketika terjadi error. Namun sebelum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *